Bupati Pasaman Barat Hamsuardi didampingi Wakil Bupati Risnawanto dan Sekretaris Daerah Hendri Putra, saat membuka secara resmi kegiatan Pasaman Expo di halaman Kantor Bupati setempat, Sabtu (7/1/2023). (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Pesta Rakyat Pasaman Barat Expo Resmi Dibuka Bupati

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Kegiatan Pesta Rakyat (Bazar) Pasaman Barat Expo resmi dibuka oleh Bupati Hamsuardi. Kegiatan tersebut digelar dalam memeriahkan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Pasaman Barat, yang digelar di halaman Kantor Bupati setempat, Sabtu (7/1/2023).

Pembukaan Pasaman Barat Expo juga dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, Sekretaris Daerah Hendra Putra, Anggota DPRD Sumatera Barat Syamsul Bahri, Ketua TP PKK Titi Hamsuardi, Ketua GOW Fitri Risnawanto, Ketua DWP Ayu Hendra Putra, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan stakeholder lainnya.

Kehadiran Pasaman Barat Expo sudah lama dinanti oleh masyarakat Pasaman Barat, karena beberapa tahun terakhir tidak dilaksanakan akibat pandemi COVID-19. Terbukti masyarakat Pasaman Barat antusias, tumpah ruah menyaksikan pembukaan Pasbar Expo di halaman kantor Bupati setempat dan berlanjut dengan kunjungan bazar hingga malam harinya.


Dalam Pembukaan Pasaman Barat Expo itu, juga dilakukan launching atau peluncuran program Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan BPJS, JKN dan KIS Pasaman Barat serta launching Inovasi Pandeka Sakti oleh Bupati Hamsuardi. Inovasi Pandeka Sakti merupakan pelayanan Adminduk secara berkeliling dan terintegrasi.

Peluncuran Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan BPJS, JKN dan KIS Pasaman Barat juga dihadiri oleh Edi Sulistiyo, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi.

Edi Sulistiyo mengatakan, bahwa Kabupaten Pasaman Barat mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Terbukti Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat memberikan APBD murni sebesar Rp44 miliar.

"Artinya, terlihat Pemerintah Daerah sangat memperhatikan kesehatan masyarakatnya secara keseluruhan. Bagi yang mampu tentunya bisa menjaga kesehatannya sendiri, sedangkan bagi yang tidak mampu maka pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan," ungkapnya.

Dikatakan, ini merupakan kado terindah dari Pemerintah di Hari Jadi ke-19 Pasaman Barat, dengan memberikan pelayanan berobat gratis bagi masyarakat Pasaman Barat.

"Semoga ke depannya masyarakat Pasaman Barat semakin maju dan masyarakatnya sejahtera," katanya.


Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menjelaskan, bahwa tahun ini merupakan tahun yang ditunggu oleh masyarakat Pasaman Barat untuk melaksanakan Pesta Rakyat (Bazar) atau Pasaman Barat Expo. Ia menyebutkan kegiatan ini sangat mendukung untuk para pelaku UMKM di Pasaman Barat, karena melalui Expo ini bisa mempromosikan produknya.

"Alhamdulillah COVID-19 telah berlalu, sehingga kita bisa melakukan kegiatan Pasaman Barat Expo kembali. Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memberikan dukungan penuh atas terlaksananya kegiatan ini hingga pembukaan Expo," ucap Hamsuardi kepada awak media di sela-sela kegiatan sepeda santai, Minggu (8/1/2023) pagi.

Ia juga terus bertekad memberikan pelayanan kepada masyarakat salah satunya dengan berobat gratis, demi memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Begitu juga dengan program Inovasi Pandeka Sakti, Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara keliling dan terintegrasi. Ini juga merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat terutama tentang kependudukan.

"Sebab, KK dan KTP hal utama dalam mengurus berobat gratis ini. Saya juga yakin masih ada masyarakat yang belum punya KTP dan KK, sehingga Inovasi Pandeka Sakti sangat dibutuhkan saat ini. Walaupun saat ini baru satu sepeda motor yang kita gunakan karena baru percobaan. Jika sudah lancar akan kita tambah," katanya.

Ketua panitia pelaksana Hari Jadi Pasaman Barat Sekretaris Daerah Hendra Putra mengatakan, bahwa dalam kegiatan Pasbar Expo terdapat 310 stand yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

"Sebanyak 170 stand difasilitasi oleh pemerintah daerah, selebihnya swakelola oleh masyarakat. Semoga ini bisa menjadi ajang promosi bagi pelaku usaha di Kabupaten Pasaman Barat, karena dengan dasar itulah kegiatan ini terlaksana," katanya. (018)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2022




      pasaman-barat