Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani Memberi kata sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan


Politik

Persiapan Pemilu 2024, KPU Sumbar Gelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi

PADANG (SumbarFokus)

Dalam rangka persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) gelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi perihal Pendaftaran Penyerahan dan Verifikasi Persyaratan Minimal Dukungan Pemilih Bakal Calon Anggotan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Kegiatan ini dihelat di Ballroom The ZHM Premier Hotel Padang, Rabu (30/11/2022).

Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan kegiatan yang sangat penting karena termasuk tahapan dalam pencalonan bakal calon anggota dpd. Lalu, untuk penyerahan dukungan ini alurnya sama dengan pendaftaran partai politik yaitu dengan aplikasi Silon. 

Terkait dengan dukungan minimal pemilih yg harus dipenuhi oleh calon anggota dpd yaitu  minimal 2000 pemilih untuk Provinsi Sumbar. Perihal pencalonan bakal calon anggota DPD, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, salah satunya yaitu penyerahan syarat minimal dukungan yang mana tahapan ini akan dimulai pada bulan Desember mendatang. 


"Jadi data 2000 pemilih inilah yang nanti akan diinput oleh bakal calon anggota DPD ke dalam aplikasi Silon," katanya.

Untuk bakal calon anggota DPD yang akan mendaftar menjadi peserta pemilu maka harus mengantongi berita acara yang dibuat oleh KPU Sumbar terkait syarat-syarat verifikasi. Jika berita acara itu sudah terpenuhi maka bakal calon anggota DPD boleh mengikuti Pemilu 2024. 

Selain membahas tentang pendaftaran penyerahan dan verifikasi persyaratan minimal dukungan pemilih bakal calon anggota DPD, pada rapat sosialisasi ini juga dijelaskan secara umum perihal aplikasi Silon.

Yanuk menambahkan, jika bakal calon anggota DPD terkendala mengenai pendaftaran penyerahan dan verifikasi persyaratan minimal dukungan, maka bisa langsung mendatangi kantor KPU Sumbar untuk melakukan konsultasi.

"Kita akan berupaya semaksimal mungkin melakukan pelayanan kepada pemilih maupun peserta pemilu.

Yanuk berharap, semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dari awal sampai akhir dan semua materi yang disampaikan dapat dipahami oleh bakal calon anggota DPD. (023)


Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2022