Ilustrasi. (Foto: Ist.)


Pendidikan

Pembelajaran Daring, Solusi Cerdas Berkuliah yang Ditawarkan UT Padang

PADANG (SumbaFokus)

Pembelajaran secara online dalam perkuliahan bisa jadi solusi jitu bagi mereka yang punya kendala untuk mengikuti perkuliah live di ruang kelas. Kendala ini bisa jadi karena mereka punya kesibukan pekerjaan atau kesibukan keseharian yang tidak bisa ditinggalkan untuk sebuah perkuliahan  di kelas.

Kemudahan pembelajaran online  ini ditawarkan oleh Universitas Terbuka (UT) Padang. Dengan waktu perkuliahan yang sangat fleksibel dan bisa dilakukan kapan saja di mana saja  perkuliahan daring dari UT membuat seseorang bisa menimba ilmu kelas universitas dengan amat mudah mudah dan relatif murah.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur UT Padang Yusrafiddin pada SumbarFokus, baru-baru ini.  Dijelaskan, amat banyak kemudahan ditawarkan oleh UT Padang demi mendukung masyarakat mencapai jenjang pendidikan tingkat perguruan tinggi.


“Untuk membantu mahasiswa dalam belajar, UT menyediakan layanan belajar yang disebut tutorial, baik melalui pertemuan berkala secara tatap muka ataupun online. Mahasiswa juga dapat mengakses bahan ajar digital melalui website atau perangkat Android. Pengayaan wawasan dilakukan melalui penyediaan perpustakaan dan berbagai bahan digital lainnya yang dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa melalui website UT,” papar Yusrafiddin.

Orang nomor satu dalam jajaran manajemen UT Padang ini menjelaskan, istilah terbuka dalam sistemm pendidikan UT mengandung makna bahwa setiap orang dapat menjadi mahasiswa UT tanpa ada batasan, baik tahun kelulusan ijazah SLTA, usia, lama studi, maupun tempat tinggal.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45, yang diresmikan berdasarkan surat keputusan Presiden RI nomor 41 tahun 1984 tersebut mengimplementasikan layanan pendidikan terstandar berdasarkan sistem jaminan kualitas yang dikembangkan berdasarkan standar penyelenggaraan pendidikan tinggi Kememristek Dikti dan pelaksanaan PTTJJ dari Asian Association of Open University (AAOU) dan International Council for Open and Distance Education (ICDE).

“Audit kualitas dilaksanakan secara berkala oleh internal dan eksternal UT,” tambah Yusrafiddin.

Dalam kesempatan berbincang yang sama, Manajer Registrasi dan Ujian UT Padang Dasrul mengungkapkan bahwa seluruh jurusan yang ada di UT Padang telah terakreditasi oleh BAN-PT. 

“ Beberapa program studi di UT padang telah terakreditasi A, selebihnya B, ,” kata Dasrul.


Penerimaan mahasiswa baru, disebutkan, dilakukan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Desember-Februari dan pada bulan Juni-Agustus.

“Jadwal pendaftaran selengkapnya bisa dilihat di kalender akademik di website UT, www.ut.ac.id , atau bisa kontak ke kantor Kami di nomor 081166001414,” terang Dasrul. (003)

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2022