Forikan Kabupaten Solok menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Solok. Lomba tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Forikan Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda. Acara sendiri dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok, Jumat (2/12/2022). (Foto: Ist.)


Lain-lain

Forikan Solok Gelar Lomba

KOTOBARU (SumbarFokus)

Forikan Kabupaten Solok menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Solok. Lomba tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Forikan Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda. Acara sendiri dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok, Jumat (2/12/2022).

Dalam Kegiatan tersebut, hadir Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Admaizon, Kepala OPD Mitra Forikan Kabupaten Solok, dan Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Solok.

Ketua Pelaksana Imran, dalam sambutannya, mengatakan bahwa peserta kegiatan ini berasal dari TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Solok dengan perwakilan masing-masing dua orang per kecamatan.


"Lomba masak ikan memiliki tiga kategori masakan, di antaranya menu ikan untuk keluarga, menu ikan untuk balita, dan menu kudapan", ujar Imran.

Dikatakan, xiharapkan lomba ini dapat menghasilkan inovasi masakan berbahan baku ikan serta memberikan peningkatan konsumsi ikan kepada masyarakat.

Sementara, Ketua Forikan Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda menyamapaikan, masyarakat masih sangat sedikit yang mengkonsumsi ikan.

"Sehingga menimbulkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah masih terjadinya peristiwa kerawanan gizi yang menyebabkan bayi lahir pendek (Stunting) dan kegemukan (obesity)", jelas Ny. Hj.Emiko Epyardi Asda.

Ditekankan, peningkatan konsumsi ikan bisa menekan kasus gizi ganda (kelebihan dan kekurangan gizi, kasus stunting (bayi lahir pendek) dan beberapa kasus lain yang erat kaitannya dengan masalah pangan dan gizi." (012)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2022




      kabupaten-solok